Motif Sponsorship Terhadap Communication Award 2.o Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (studi Pada Mahasiswa Sebagai Sponsor Coma 2.0)

Adriyani, Dinna (2019) Motif Sponsorship Terhadap Communication Award 2.o Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau (studi Pada Mahasiswa Sebagai Sponsor Coma 2.0). Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
159110176.pdf - Submitted Version

Download (735kB) | Preview

Abstract

Motif merupakan suatu penggerak, keinginan, hasrat, dorongan yang ada di dalam diri manusia. Sponsorship coma 2.O yang memutuskan untuk menjadi sponsor di dalam event tersebut juga memiliki motif yang ingin dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif sponsorship terhadap communication award 2.0 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau ( Studi Pada Mahasiswa Sebagai Sponsor Coma 2.0 ). Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara dan dokumentasi, teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Informan dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang sponsor dari kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau yakni Riau Walker, Rumah Doodle, Imagine, dan satu sponsor dari Mahasiswa Universitas Riau yaitu Bikin Ruang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat motif yang mendasari mahasiswa tersebut menjadi sponsor dalam acara communication award yakni adanya motif sosial yaitu motif untuk saling membantu karena adanya hubungan pertemanan antara pihak sponsor dengan kepanitiaan. Yang kedua motif penghargaan yakni adanya motif untuk mendapatkan pujian dan juga meningkatkan status sosialnya dari kalangan mahasiswa biasa. Yang ketiga motif mencari identitas diri yakni motif untuk memperlihatkan kemampuannya serta menunjukkan eksistensi dirinya sebagai mahasiswa yang aktif. Keempat motif pemenuhan diri yaitu motif untuk memenuhi potensi yang ada di dalam dirinya dan juga untuk meningkatkan portofolio sebagai seorang mahasiswa yang ikut berkontribusi sebagai sponsor. Motif kelima yaitu untuk menaikkan nama brand yang mana pada mahasiswa yang menjadi sponsor tersebut memiliki usaha yang ingin mereka promosikan melalui media communication award dengan tujuan agar dikenal secara lebih luas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motif, Sponsorship,Mahasiswa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mia
Date Deposited: 25 Feb 2022 10:44
Last Modified: 25 Feb 2022 10:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/6918

Actions (login required)

View Item View Item