Yusuf, Romadhon (2018) Hubungan Cara Belajar dan Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Biologi Berdasarkan Tingkat Kemampuan Akademik Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (493kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (350kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan cara belajar dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar biologi berdasarkan kemampuan akademik siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai Januari 2018. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 152 orang siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akademik tinggi, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang sedang (0,567). Pada akademik sedang, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang rendah (0,343). Pada akademik rendah, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang sedang (0,409). Untuk nilai uji signifikan didapatkan bahwa pada akademik tinggi, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (4,34) > tabel (2,02). Pada akademik sedang, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,94) > tabel (1,99). Pada akademik rendah, cara belajar (X1), kesadaran metakognisi (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,82) > tabel (2,02). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dan kesadaran metakognisi dengan hasil belajar biologi berdasarkan kemampuan akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 8 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Cara Belajar,Kesadaran Metakognisi, Hasil Belajar Biologi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 25 May 2018 10:22 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2018 10:22 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/648 |
Actions (login required)
View Item |