Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Mencari Pasangan) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018

Yusnelianti, Yusnelianti (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Mencari Pasangan) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[thumbnail of bab1.pdf]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of bab2.pdf]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perolehan hasil belajar pengetahuan pemahaman konsep biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (mencari pasangan). Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang yang berjumlah 22 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Data yang diperoleh yaitu data hasil belajar pengetahuan pemahaman konsep. Hasil tindakan dari daya serap PPK siswa sebelum PTK adalah 75,54% dengan ketuntasan klasikal 59,09%, setelah PTK pada siklus I yaitu 77,80% terjadi peningkatan sebesar 2,25% dengan ketuntasan klasikal 68,18% dan pada siklus II kembali meningkat sebesar 10,3% menjadi 88,10 dengan ketuntasan klasikal 95,45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match (mencari pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Bangkinang Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Make A MAtch, Hasil Belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Suryanti, Suryanti
perpustakaan.uir@gmail.com
Sponsor
Tengku, Idris
perpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:22
Last Modified: 25 May 2018 10:22
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item