Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Mia SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Novita, Mayasari (2017) Penerapan Model Pembelajaran The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI Mia SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIA SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 dengan penerapan pembelajaran The Power Of Two yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Oktober 2017 di kelas XI Mia SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 37 orang siswa dengan 10 orang siswa laki-laki dan 27 orang siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Parameter yang diukur adalah hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar siswa yang terdiri dari ketuntasan individual dan klasikal. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui daya serap dan ketuntasan belajar siswa untuk nilai PPK (Kognitif) dan nilai KI (Psikomotorik). Daya serap nilai PPK siswa sebelum PTK 72.2% meningkat pada siklus I menjadi 81.1% dengan peningkatan sebesar 8.9% dan pada siklus II meningkat menjadi 82.1% dengan peningkatan sebesar 1%. Ketuntasan klasikal nilai PPK siswa sebelum PTK 59.5% meningkat pada siklus I menjadi 75.7% dengan peningkatan sebesar 16.2% dan pada siklus II meningkat menjadi 91.6% dengan peningkatan sebesar 15.9%. Daya serap nilai KI siswa sebelum PTK 75.3% meningkat pada siklus I menjadi 84.9% dengan peningkatan menjadi 9.6% dan pada siklus II meningkat menjadi 87.3% dengan peningkatan sebesar 2.4%. Ketuntasan klasikal nilai KI siswa sebelum PTK 62.2% meningkat pada siklus I menjadi 91.9% dengan peningkatan sebesar 29.7% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran The Poer Of Two dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Mia SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: Pembelajaran The Power Of Two, Hasil Belajar Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSuryanti, Suryantiperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorLaili, Rahmiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:20
Last Modified: 25 May 2018 10:20
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item