Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Pengembangan Modul Biologi Berbasis Imtaq pada Materi Pokok Stuktur dan Fungsi Organ pada Sistem Pertahanan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Melani, Tristiana (2016) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Imtaq pada Materi Pokok Stuktur dan Fungsi Organ pada Sistem Pertahanan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[thumbnail of bab1.pdf]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of bab2.pdf]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Biologi berbasis Imtaq pada materi pokok struktur dan fungsi organ pada sistem pertahanan tubuh manusia untuk siswa kelas XI SMA/MA dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun pada penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Penentuan sampel menggunakan teknik purvosive sampling, dan jumlah sampel 10 orang peserta didik dari masing-masing sekolah, yaitu SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, SMA Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru, dan MAN 2 Model Pekanbaru. Data yang diperoleh dalam pengembangan modul Biologi berbasis Imtaq ini dengan melakukan validasi modul Biologi kepada ahli pembelajaran, ahli materi, ahli Imtaq, dan guru, serta melihat respon peserta didik terhadap Modul Biologi yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kelayakan terbatas dengan menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan metode skala dengan modifikasi Likert. Hasil penelitian ini adalah berupa produk modul Biologi berbasis Imtaq dalam bentuk buku. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 100%. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 95,83%. %. Hasil validasi oleh ahli Imtaq menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 81,25%. Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar Biologi menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 91,25%. Modul Biologi yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat layak dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah dengan rata-rata persentase 92,08%.berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh produk modul Biologi berbasis Imtaq dengan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Imtaq, Struktur dan Fungsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Siti, Robiah
perpustakaan.uir@gmail.com
Sponsor
Ummi, Kalsum
perpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:20
Last Modified: 25 May 2018 10:20
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item