Melani, Tristiana (2016) Pengembangan Modul Biologi Berbasis Imtaq pada Materi Pokok Stuktur dan Fungsi Organ pada Sistem Pertahanan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (366kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (26kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Biologi berbasis Imtaq pada materi pokok struktur dan fungsi organ pada sistem pertahanan tubuh manusia untuk siswa kelas XI SMA/MA dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun pada penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Penentuan sampel menggunakan teknik purvosive sampling, dan jumlah sampel 10 orang peserta didik dari masing-masing sekolah, yaitu SMA Islam As-Shofa Pekanbaru, SMA Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru, dan MAN 2 Model Pekanbaru. Data yang diperoleh dalam pengembangan modul Biologi berbasis Imtaq ini dengan melakukan validasi modul Biologi kepada ahli pembelajaran, ahli materi, ahli Imtaq, dan guru, serta melihat respon peserta didik terhadap Modul Biologi yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kelayakan terbatas dengan menggunakan lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan metode skala dengan modifikasi Likert. Hasil penelitian ini adalah berupa produk modul Biologi berbasis Imtaq dalam bentuk buku. Hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 100%. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 95,83%. %. Hasil validasi oleh ahli Imtaq menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 81,25%. Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar Biologi menunjukan bahwa modul Biologi yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 91,25%. Modul Biologi yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat layak dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah dengan rata-rata persentase 92,08%.berdasarkan hasil validasi dari para ahli diperoleh produk modul Biologi berbasis Imtaq dengan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Imtaq, Struktur dan Fungsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 25 May 2018 10:20 | |||||||||
Last Modified: | 25 May 2018 10:20 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/637 |
Actions (login required)
View Item |