Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Serta Pemanfatannya dalam Teknologi Kelas VIII SMP/MTs

Jumiati, Jumiati (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Serta Pemanfatannya dalam Teknologi Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Pendidikan Biologi.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi tumbuhan serta pemanfatannya dalam teknologi yang layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas VIII SMP/ MTs. Peneliti menggunakan jenis pengembangan Research &Develovment dengan menggunakan model ADDIE. penelitian dilakukan dari tahap analyzesampai tahap development. Data dalam pengembangan LKPD IPA diperoleh dengan melakukan validasi ahli materi, ahli pembelajaran, dan guru, serta melihat respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan dengan melakukan uji coba kelayakan terbatas yang dilakukan oleh peneliti dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditentukan sekolah yang dijadikan sampel yaitu SMP/ MTs yang menerapkan kurikulum 2013, akreditasi sekolah berada pada peringkat A.Tiga sekolah yang dipilih yaitu: SMP Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru,SMP Islam As-shofa Pekanbaru,dan SMP Negeri 16 Pekanbaru. Uji coba kelayakan terbatas yang dilakukan oleh peneliti dengan mengambil sampel 10 orang peserta didik dari masing-masing sekolah. Penelitian ini menghasilkan produk berupa LKPD IPA Biologi berbasis Inkuiri terbimbing Pada Meteri Struktur dan Fungsi tumbuhan serta pemanfatannya dalam teknologi yang dikemas dalam bentuk cetak. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli pembelajaran menunjukkan bahwa LKPD IPA yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 89,06%. Hasil validasi oleh ahli materi menunjukkan bahwa LKPD IPA yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar 86,32% . Hasil validasi oleh tiga orang guru yang mengajar Biologi menunjukkan bahwa LKPD IPA yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase 97,59% . LKPD IPA yang dikembangkan ini mendapat tanggapan sangat baik dari peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata respon peserta didik dari tiga sekolah sebesar 93,92% (sangat layak). Dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA Biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi struktur dan fungsi tumbuhanserta pemanfatannya dalam teknologi untuk kelas VIII SMP/ MTs yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sebuah perangkat pembelajaran. Kata Kunci: Penelitian Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing, Struktur Tumbuhan dan Pemanfatannya dalam Teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorIbnu, Hajarperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorLaili, Rahmiperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Biologi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 25 May 2018 10:19
Last Modified: 25 May 2018 10:19
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item