Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Pelaksanaan Shalat Siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru

Siti, Rohmi (2018) Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Kemampuan Pelaksanaan Shalat Siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi adalah cara mengajar dengan mempertunjukkan materi pembelajaran diikuti dengan penampilan tingkah laku yang dicontohkan oleh guru dan peserta didik menirukannya secara nyata agar mereka memiliki pemahaman dan keterampilan maksimal sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Sedangkan kemampuan pelaksanaan shalat siswa adalah siswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan shalat, sesuai dengan shalat yang dilakukan oleh Nabi SAW, dengan melaksanakan seluruh kewajibannya, seperti melaksanakan syarat-syaratnya, rukun-rukunnya, menjaga kekhusyu’an, serta menghadapkan hati kepada Allah SWT. Metode demonstrasi erat kaitannya dengan kemampuan pelaksanaan shalat. Siswa yang mampu memahami metode demonstrasi yang baik pasti mempunyai kemampuan dalam pelaksanaan shalat. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan pada siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru masih terdapat siswa yang belum mampu melakukan takbiratul ihram dengan baik, sebagian siswa belum bisa menyesuaikan bacaan dengan gerakan-gerakan shalat, sebagian siswa belum bisa membedakan antara duduk Iftirasy dengan duduk Tawaruk, sebagian siswa belum bisa melafazkan do’a Iftitah dengan baik, kurangnya hafalan siswa tentang bacaan-bacaan dalam shalat. Berdasarkan hal demikian penulis melakukan penelitian pada siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru dengan rumusan masalah : Apakah ada Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pelaksanaan Shalat Siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pelaksanaan Shalat Siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru. Jenis Penelitian Korelasional, sampel sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi, teknik analisis data dengan regresi linier sederhana. Adapun hasil tentang Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pelaksanaan Shalat Siswa dapat dilihat dari analisis regresi linier sederhana, dimana terdapat pengaruh yang kuat antara Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pelaksanaan Shalat Siswa Kelas IV SD Islam Plus YLPI Pekanbaru sebesar 54%, dan nilai koefisien korelasi (R) = 0,736% > 0,05 artinya Ha diterima. Sedangkan sisanya100%-54% = 46% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Pelaksanaan Shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorMawardi, Ahmadperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorSyahraini, Tambakperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 09:58
Last Modified: 21 May 2018 09:58
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item