Siti, Julaiha Andriani (2018) Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Guru Terhadap Etika Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Mts Hidayatullah Lubuk Dalam. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (370kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (161kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi kepemimpinan guru merupakan kemampuan seseorang guru dalam mempengaruhi, mendorong, menggerakkan, memotivasi, mengarahkan, menasehati, membina, membimbing, melatih, melarang dan bahkan menghukum (kalau perlu) denagan tujuan agar manusia sebagai bagian dari organisasi mau bekerja dalam rangka mencapai tujuan dirinya sendiri maupun organisasi secara efektif dan efisien. Guru yang memiliki kompetensi kepemimpinan yang baik maka etika peserta didiknya baik pula. Akan tetapi, permasalahan pun terjadi di sekolah MTs Hidayatulah Lubuk Dalam diantaranya, masih ada peserta didik yang ketika masuk dalam ruangan khususnya dalam kelas tidak mengucapkan salam, dan ada juga peserta didik yang masih banyak mengobrol/bercerita disaat jam pelajaran berlangsung. Berdasarkan permasalahan di atas, maka masalah yang ingin peneliti ketahui adalah apakah ada pengaruh kompetensi kepemimpinan guru terhadap etika peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs Hidayatullah Lubuk Dalam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi dan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk sampel penelitian ini diambil seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 6 guru dan 53 peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 20, maka diperoleh nilai probabilitas Sig. sebesar 0,001. Karena nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 maka dapat di ambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi kepemimpinan guru terhadap etika peserta didik dalam pembelajaran pendidikan agama islam di MTs Hidayatullah Lubuk Dalam. Pernyataan ini dibuktikan dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,442. Hal ini menunjukkan bahwa etika peserta didik dipengaruhi oleh kompetensi kepemimpinan guru sebesar 44,2%, sedangkan sisanya 55,8% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dari pengertian diatas terdapat pengaruh yang cukup kuat ontara kompetensi kepemimpinan guru terhadap pendidikan agama Islam di MTs Hidayatullah Lubuk Dalam. Kata kunci: Kompetensi kepemimpinan guru dan etika peserta didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 21 May 2018 09:57 | |||||||||
Last Modified: | 21 May 2018 09:57 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/600 |
Actions (login required)
View Item |