Kumala, Sari (2018) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 03 Tanjung Medan. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (262kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (333kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam sebagai kemampuan ataupun kecakapan guru pendidikan agama islam dalam mengelolah pembelajaran bagi siswa. Kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam tidak hanya berguna bagi perkembangan potensi akademik siswa, tetapi juga berperan penting bagi potensi non akademik siswa. Gejala yang terlihat di SMA Negeri 03 Tanjung medan Kabupaten rokan Hilir, masih adanya nilai belajar siswa di bawah KKM, melaksanakan pembelajaran kurang menarik minat siswa, intraksi belajar kurang menarik, kesalahan dalam memilih metode pembelajarn. Rumusan masalah ini adalah Bagaiamana Pengaruh kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajara siswa di SMA Negeri 03 Tanjung Medan.berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 03 Tanjung medan. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Untuk memperoleh data dari penelitian ini digunakan metode pengumpulan data melalui angket, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah penulis lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam di SMA Negeri 3 Tanjung Medan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang lakukan mengunakan SPSS 20 , maka diperole nilai probabilitas Sis. Sebesar 0,001. Karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 maka dapat di ambil kesimpulan bahwa ada pengaruh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 03 Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir. Peryataan ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (R Sguare) 0,441. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi sebesar 44,1% oleh kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam, sedangkan sisanya 0,559% dipengaruhi hal-hal lain. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terhadap pengaruh yang cukup kuat antara kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 03 Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir. Kata kunci : Kompetensi pedagogik guru PAI dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 21 May 2018 09:43 | |||||||||
Last Modified: | 21 May 2018 09:43 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/591 |
Actions (login required)
View Item |