Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Bidang Studi PAI SMKN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan

Fitri, Ardina (2018) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik Bidang Studi PAI SMKN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan mengelola pembelajaran siswa yang meliputi pemahaman terhadap siswa, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik erat kaitannya dengan kreativitas belajar peserta didik. Guru memiliki kompetensi pedagogik yang baik pasti memiliki kemampuan untuk meningkatkan kreativitas belajar peserta didik juga. Akan tetapi, permasalahan terjadi di SMKN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan diantaranya, yaitu peserta didik masih kurang percaya diri terhadap gagasannya sendiri padahal guru telah memberikan kesempatan untuk memberikan gagasannya, peserta didik masih kurang aktif di kelas padahal guru telah memberi kesempatan untuk bertanya, dan rasa ingin tahu peserta didik masih kurang. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kretaivitas belajar peserta didik bidang studi PAI di SMKN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Jenis penelitian ini korelasional dan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.adapun populasi berjumlah 66 siswa.karna jumlah populasi dibawah 100,maka teknik penggambilan sampel adalah menggunakan teknik sampel jenuh,yaitu dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 20, maka diperoleh nilai probabilitas Sig. sebesar 0,000. Karena nilai signifikansinya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat di ambil kesimpulan bahwa ada pengaruh dari kompetensi pedagogik terhadap kreativitas belajar siswa bidang studi PAI di SMKN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Penyataan ini dibuktikan dari nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,478. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas belajar dipengaruhi sebesar 48% oleh kompetensi pedagogik, sedangkan sisanya 52% dipengaruhi oleh hal-hal lain. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara kompetensi pedagogik guru terhadap kreativitas belajar peserta didik bidang studi PAI di SMKN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Kata kunci: Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorM. Yusuf, Ahmadperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorHarahap, Musaddadperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 09:32
Last Modified: 21 May 2018 09:32
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item