Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Sikap Demokratisasi dalam Pembelajaran di MTsN 3 Pekanbaru

Fatimah, Fatimah (2018) Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Sikap Demokratisasi dalam Pembelajaran di MTsN 3 Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Agama Islam.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pendidikan demokratis mempunyai dua pengertian yaitu, proses pendidikan itu sendiri dan sistem pendidikan. Proses pendidikan demokratis ditujukan kepada pengembangan pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Pendidikan untuk pribadi yang mandiri merupakan suatu proses yang mengembangkan akal dan budinya agar supaya pribadi tersebut dapat mengambil keputusan sendiri yang berarti pula mempertajam kemampuan rasionya untuk menimbang-nimbang dan mengambil keputusan. Fenomena yang ada pada sikap demokratisasi guru dalam pembelajaran di MTsN 3 Pekanbaru adalah : ada sebagian guru yang belum paham apa itu sikap demokratisasi dalam pendidikan dan bagaimana fungsi dan perannya dalam pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana tingkat kreativitas guru, bagaimana tingkat sikap demokratisasi guru, bagaimana perbedaan kreativitas guru berdasarkan latar belakang, bagaimana perbedaan sikap demokratisasi guru berdasarkan latar belakang, dan bagaimana pengaruh kreativitas terhadap sikap demokratisasi guru dalam pembelajaran di MTsN 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di jl. Unggas no. 453 Simpang Tiga Pekanbaru. Selanjutnya untuk populasi dan sampel, penulis menjadikan seluruh guru sebagai sampel dikarenakan jumlah kesuluruhan populasi adalah 56 atau di bawah 100. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengolahan data dengan melakukan editing, coding, dan tabulating. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus ρ = . Berdasarkan data penelitian baik dari penyajian data dan analisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh kreativitas terhadap sikap demokratisasi guru dalam pembelajaran di MTsN 3 Pekanbaru yaitu 93,9% atau pada kriteria “sangat kuat”, karena berada diantara 0,80-1,000. Dengan demikian pengaruh kreativitas terhadap sikap demokratisasi guru dalam pembelajaran di MTsN 3 Pekanbaru berada di kriteria “sangat kuat”. Kata Kunci : Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Sikap Demokratisasi Dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorHamzah, Hamzahperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorSyahraini, Tambakperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 09:31
Last Modified: 21 May 2018 09:31
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item