Refni, Aryanti (2018) Analisis Pelaksanaan Tahapan-Tahapan Kewirausahaan Kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Ekonomi Akuntansi.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (143kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (32kB) | Preview |
Abstract
Kewirausahaan pendidikan adalah bidang usaha yang dilakukan seseorang/ sekumpulan orang/ organisasi yang cakupan usaha mengarah kepada pemanfaatan ilmu-ilmu, sarana dan prasarana pendidikan yang pernah didapatnya sehingga menjadi sangat penting dalam memberikan pengaruh kreatif dan inovatif kepada kehidupan manusia. Beberapa tahapan dalam kewirausahaan yaitu tahap memulai, tahap melaksanakan, tahap mempertahankan, dan tahap mengembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan pelaksanaan kewirausahaan di kelas X SMA Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas X, wali kelas, ketua PKWU, dan kepala sekolah yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen, dan triangulasi dengan peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Terdapat tiga tahap analisis yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Tahapan-tahapan pelaksanaan kewirausahaan di SMA Negeri 2 Pekanbaru terdiri atas 3 tahap yaitu tahap memulai dengan menentukan ide, modal, jenis usaha. Tahap melaksanakan seperti biaya, SDA, pemasaran, dana manajemen. Tahap mempertahankan seperti produk yang bertahan, laporan keuangan, dan kualitas pelayanan. Tahapan-tahapan tersebut sudah berjalan tetapi masih memiliki banyak kekurangan mulai dari siswa/i yang melaksanakan, wali kelas sebagai koordinator, dan pihak sekolah sebagai penanggumg jawab kegiatan. Kata kunci : Kewirausahaan, Pendidikan Kewirausahaan, Tahapan-Tahapan Pelaksanaan Kewirausahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi | |||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 21 May 2018 09:00 | |||||||||
Last Modified: | 21 May 2018 09:00 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/572 |
Actions (login required)
View Item |