Search for collections on Repository Universitas Islam Riau

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning (PBL) dalam Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya

Neni, Agustia (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Problem Based Learning (PBL) dalam Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya. Undergraduate thesis, Pendidikan Ekonomi Akuntansi.

[thumbnail of bab1.pdf]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of bab2.pdf]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of bab3.pdf] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of bab4.pdf] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[thumbnail of bab5.pdf] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari, subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian ini untuk hasil belajar siswa melalui hasil ulangan harian di setiap siklus. Sebelum diterapkan penelitian tindakan kelas terdapat 10 siswa yang mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Maksimal) yakni 75. Setelah diterapkan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, pada siklus I terdapat 3 siswa yang tidak tuntas atau mendapat nilai di bawah KKM. Pada siklus II semua siswa kelas X IPS 1 tuntas. Sedangkan dari lembar observasi dari siklus I dan II terdapat peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung. Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif Problem Based Learning (PBL) dalam Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS 1 SMAN 1 Sentajo Raya. Kata Kunci : Metode Problem Based Learning (PBL), Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN/NIDK
Sponsor
Sukarni, Sukarni
perpustakaan.uir@gmail.com
Sponsor
Purba, Andy Wijaya
perpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 21 May 2018 08:58
Last Modified: 21 May 2018 08:58
URI: https://repository.uir.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item