Irwanti, Heriska and Zetriuslita, Zetriuslita (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4 (2). pp. 103-112. ISSN 2621-7430
|
Text
Jurnal no.8.pdf - Published Version Download (636kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berdasarkan model Problem Based Learning berorientasi kemampuan pemecahan masalah matematis yang valid. Penelitian ini berlangsung kurang lebih selama 4 bulan. Adapun bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti ialah Rencana Pelaksana Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan, yaitu: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan). Pada model ADDIE peneliti tidak menggunakan tahap Implementation dan Evaluation dikarenakan pada saat ini masih masa pandemic Covid-19. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif yang mendeskripsikan data yang telah terkumpul. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi. Lembar validasi terdiri dari 2 buah yaitu lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Hasil data yang diperoleh dari validasi kemudian dianalisis. Sehingga diperoleh hasil validasi RPP tiap aspek yang dinilai dan RPP keseluruhan tiap pertemuan memiliki rata-rata diperoleh rata-rata sebesar 94,55% dan 94,77% dengan tingkat validitas sangat valid. Dan untuk hasil validasi LKPD dari segi tiap aspek yang dinilai dan LKPD keseluruhan tiap pertemuan memiliki rata-rata sebesar 91,33% dan 92,19% dengan tingkat validitas sangat valid. Kelebihan dari penelitian ini yaitu sudah menghasilkan bahan ajar berdasarkan model Problem Based Learning berorientasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP yang layak digunakan dan diujicobakan karena sudah melalui proses yang benar dan hasilnya sangat valid. Namun penelitian ini memiliki kekurangan yaitu belum diujicoba, karena keterbatasan peneliti menerapkan model ADDIE pada tahap Implementation dan Evaluation.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:51 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5622 |
Actions (login required)
View Item |