Zetriuslita, Zetriuslita and Effendi, Leo Adhar and Ariawan, Rezi (2018) Identifikasi Siswa Dalam Menyelsaikan Masalah Pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjutan. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 1 (1). ISSN 2656 - 2375
|
Text
Jurnal no.2.pdf - Published Version Download (442kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam memecahkan masalah dalam mata kuliah kalkulus lanjutan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Tes diberikan kepada mahasiswa semester 3, yang berjumlah 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa pada masalah nomor 1, kesalahan yang paling umum adalah 68,42% (13 orang) dan kesalahan paling kecil adalah 21,05% (4 orang). Pada soal nomor 2, jenis kesalahan yang paling umum adalah 73,68% (14 orang) dan kesalahan terkecil adalah kesalahan operasi dan fakta yaitu 0% (19 orang). Untuk pertanyaan nomor 3, jenis kesalahan yang paling umum adalah kesalahan konsep 0% (19 orang) dan kesalahan terkecil adalah kesalahan operasi adalah 0% (19 orang). Pada pertanyaan nomor 4, jenis kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah konsep kesalahan yaitu 47, 37% (9 orang) dan jenis kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah operasi kesahan dan fakta yaitu 0% (19 orang) ). Secara keseluruhan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal kalkulus lanjutan adalah kesalahan konsep yaitu sebanyak 56,58% dan jenis kesalahan yang paling sedikit dilakukan adalah kesalahan operasi yaitu sebanyak 5,26%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jenis kesalahan matematika, kalkulus lanjutan |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 02:26 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 02:26 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5614 |
Actions (login required)
View Item |