Said, Hayunnadi (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Pekanbaru. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (321kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII7 SMP Negeri 25 Pekanbaru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII7 dengan jumlah siswa 38 orang dengan karakteristik dan kemampuan yang heterogen. Penelitian ini merupakaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP dan LKS adapun instrumen pengumpulan data yang diguanakan adalah lembar pengamatan yang terdiri dari lembar aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik penelitian ini dalam pengumpulan data adalah teknik pengamatan dan tes hasil belajar dari ulangan harian I dan ulangan II. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terjadi peningkatan partisipasi siswa di dalam kelas dan meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII7 SMP Negeri 25 Pekanbaru, hal ini ditandai dari ketercapaian KKM sebelum tindakan sebanyak 18 siswa (47,36%), sedangkan setelah tindakan pada siklus I sebanyak 21 siswa(57,89%), pada siklus II sebanyak 31 siswa(81,94%). Ini menunjukkan bahwa ketercapaian KKM setelah tindakan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar pada materi pokok Relasi dan Fungsi. Kata kunci: Kooperatif, Number Head Together (NHT), Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 15 May 2018 11:53 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2018 11:53 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
View Item |