Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau

Ramayana, Ramayana (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau. Hal ini dapat dilihat dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan proses, yaitu proses pembelajaran yang diterapkan semakin baik dan benar-benar telah mengarah pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yakni 5 orang siswa meningkat pada ulangan harian I menjadi 8 orang siswa kemudian meningkat pada ulangan harian II menjadi 9 orang siswa. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorZulkarnain, Zulkarnainperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorRezi, Ariawanperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 15 May 2018 11:52
Last Modified: 15 May 2018 11:52
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item