Ramayana, Ramayana (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau. Undergraduate thesis, Pendidikan Matematika.
|
Text
bab1.pdf - Published Version Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf - Published Version Download (529kB) | Preview |
|
Text
bab3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (375kB) | Request a copy |
||
Text
bab4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version Download (205kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau. Hal ini dapat dilihat dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan proses, yaitu proses pembelajaran yang diterapkan semakin baik dan benar-benar telah mengarah pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada skor dasar yakni 5 orang siswa meningkat pada ulangan harian I menjadi 8 orang siswa kemudian meningkat pada ulangan harian II menjadi 9 orang siswa. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dapat Memperbaiki Proses Pembelajaran dan Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Satu Atap Sungai Mandau Tahun Ajaran 2017/2018. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Teguh Handoyo TH | |||||||||
Date Deposited: | 15 May 2018 11:52 | |||||||||
Last Modified: | 15 May 2018 11:52 | |||||||||
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/553 |
Actions (login required)
View Item |