Novia, Yesyka Okta (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari) Melalui Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) di Kelas XMIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (331kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Tari) Melalui Model Kooperatif Tipe STAD. Oleh karena itu permasalahan penelitian yaitu metode pembelajaran yang digunakan kurang efektif dan efesien, siswa terlihat kurang antusias terhadap pembelajaran seni budaya, kurang percaya diri untuk menyampaikan pendapat serta melakukan gerak, dan rendahnya hasil belajar siswa dengan rata-rata 50% dari KKM 75. Rumusan masalah penelitian bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya (Tari) melalui model pembelajaran kooperatif STAD(Student Team Achievement Division)di kelas X MIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018?. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar seni budaya (tari) melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Team Achievement Division)di kelas X MIA.3 SMAN 1 UKUI T.A 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat langkah utama yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan atau tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan dua siklus, siklus pertama dilaksanakan 4 kali pertemuan dan siklus kedua dilakukan 3 kali pertemuan. Pengamatan dilakukan oleh guru seni budaya yang mengamati aktivitas siswa. Lembar pengamatan akan dianalisis dengan analisis ketercapaian KKM. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang tuntas dalam penilaian kognitif tahap uji coba ketuntasan individu hanya 14 orang siswa, siklus I 23 orang siswa, siklus II 26 orang siswa. Sedangkan siswa yang tuntas pada kemampuan siswa pada aspek psikomotorik sebelum PTK ketuntasan individu 12 orang, siklus I 23 orang siswa, siklus II 26 orang siswa. Maka dengan demikian hipotesis diterima, hipotesis berbunyi jika model kooperatif tipe STAD diterapkan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas X MIA.3 SMAN 1 UKUI, dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya (Tari) di kelas tersebut diatas standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 75.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Seni Budaya (Tari) |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | > Pendidikan Sendratasik |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 07:47 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 07:47 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5114 |
Actions (login required)
View Item |