Afriani, Dina (2018) Pemggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Motifasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran FAI Kelas VIIIB SMPN 7 Tapung. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (518kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan bahwa motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan suatu problema yang perlu diperhatikan oleh setiap satuan pendidikan. Hal ini disebabkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menjadi tolak ukur bagi keberhasilan dan tercapainya tujuan pendidikan. Di SMPN 7 Tapung sebagian besar siswa di kelas VIII memiliki motivasi belajar yang rendah pada pelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa malas, jarang mengerjakan tugas, pembelajaran berlangsung secara monoton yakni guru fokus pada diri sendiri. Salah satu metode yang dapat merangsang siswa berfikir dan mengeluarkan pendapat sendiri, serta ikut menyumbangkan pikiran dalam suatu masalah dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasiyang maksimal adalah metode diskusi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII-B SMPN 7 Tapung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 7 Tapung. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VIII-B SMPN 7 Tapung, sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes motivasi. Berdasarkan analisa data yang diperoleh dari lapangan dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa menggunakan metode diskusi mengalami peningkatan dari kondisi awal yakni rendah dengan persentase 38%, siklus I kategori tinggi dengan persentase 54%, dan siklus II kategori sangat tinggi dengan persetase 77%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 7 Tapung termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase sebesar 77%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi dan Motivasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | T Ida Adriani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 02:48 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 02:48 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5110 |
Actions (login required)
View Item |