Analisa Perbandingan Suplay Bahan Bakar Dengan Sistem Injeksi Dan Karburator Terhadap Performance Motor 4 Langkah Pada Kendaraan Roda Dua

Zulkarnain, Zulkarnain (2018) Analisa Perbandingan Suplay Bahan Bakar Dengan Sistem Injeksi Dan Karburator Terhadap Performance Motor 4 Langkah Pada Kendaraan Roda Dua. Undergraduate thesis, Teknik Mesin.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
bab4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview

Abstract

Motor bakar adalah salah satu bagian dari mesin kalor yang berfungsi untuk mengkonversi energi termal hasil pembakaran bahan bakar menjadi energi mekanis. Di dalam motor bakar ada dua jenis penyuplai bahan bakar yaitu, karburator dan injeksi. Penyuplai karburator dan injeksi memiliki perbedaan dimana perbedaan tersebut mempengaruhi kerja mesin, perawatan dan tingkat ke ekonomisan. Adanya perbedaan tersebut perlu di uji untuk mendapatkan perbandingan nilai parameter motor 4 langkah pada kendaraan roda dua yang menggunakan suplai bahan bakar dengan sistem injeksi dan karburator dan mendapatkan suplai bahan bakar yang terbaik terhadap performance. Setelah dilakukan pengujian di peroleh nilai performance suplai injeksi lebih baik dengan nilai torsi 10,21 N.m, Daya efektif (Ne) 7680,7 Watt, Pemakaian bahan bakar (ṁƒ) 0,77 kg/jam, Tekanan efektif rata-rata (Pe) 1537,4 (Pa), Panas masuk (Qm) 34.486 kcal/jam, Pemakaian bahan bakar spesifik (SFC) 0,101 kg/Watt.jam, Kecepatan udara masuk 6,8 m/s, efesiensi thermal 79 %. Dimana perbandingan tersebut lebih dominan pada sistem suplay bahan bakar injeksi, hal ini dapat di terlihat dari hasil setiap parameter yang berubah setiap kenaikan putaran motor bakar torak 4 langkah. Dari penelitian tersebut sistem injeksi lebih baik dari pada sistem karburator. Kata Kunci: motor bakar,bahan bakar, karburator dan injeksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
SponsorSehat, Abdi Saragihperpustakaan.uir@gmail.com
SponsorEddy, Elfianoperpustakaan.uir@gmail.com
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: > Teknik Mesin
Depositing User: Teguh Handoyo TH
Date Deposited: 04 May 2018 10:27
Last Modified: 04 May 2018 10:27
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item