Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Mental Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 4 Pekanbaru

Alfendho, Alfendho (2021) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Mental Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMAN 4 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ALFENDHO.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMA Negeri 4 Pekanbaru, (2) Untuk mengetahui pengaruh kesiapan mental siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMA Negeri 4 Pekanbaru, (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kesiapan mental siswa secara simultan terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi siswa di SMAN 4 Pekanbaru. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 396 orang. Sampel yang diperoleh dalam penelitian ini dihitung berdasarkan teknik sampling Proposisional Stratified Sampling dikarenakan sampel yang akan diteliti terbagi atas beberapa strata kelas, sehingga diperoleh sampel berjumlah 199 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut; (1) Variabel motivasi belajar mempunyai pengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Pekanbaru yang dibuktikan dengan nilai thitung untuk variabel motivasi belajar diperoleh sebesar 8,959 dengan taraf signifikan sebesar 0,000, (2) Variabel kesiapan mental mempunyai pengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Pekanbaru yang dibuktikan dengan nilai thitung untuk variabel kesipan mental yang diperoleh sebesar 8,162 dengan taraf signifikan sebesar 0,000, (3) Variabel motivasi belajar dan kesipanmental secara simultanmempunyai pengaruh signifikan terhadap proses pembelajaran daring di SMA Negeri 4 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kesiapan Mental, Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: > Akuntansi S.1
Depositing User: Febby Amelia
Date Deposited: 16 Dec 2021 06:55
Last Modified: 16 Dec 2021 06:55
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5051

Actions (login required)

View Item View Item