Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual (Video) Pada Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 11 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Aina, Sonya (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual (Video) Pada Kelas X IPS 3 di SMA Negeri 11 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (874kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pelajaran seni tari, kurangnya keseriusan siswa laki-laki dalam belajar seni tari dibanding dengan siswa perempuan, adanya ketidak pahaman siswa dalam melakukan gerak tari dan tempo musik dengan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual (Video) Pada Kelas X Ips 3 Di Sma Negeri 11 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual (Video) Pada Kelas X Ips 3 Di Sma Negeri 11 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengamati dan ikut bertindak langsung dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Kurikulum 2013 (K-13). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes kognitif, afektif dan psikomotorik. Berdasarkan analisis dan interprestasi data yang dilakukan sebelumnya bahwa adanya peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan memanfaatkan media audiovisual. Berdasarkan nilai ratarata siswa pada tes tertulis prasiklus atau sebelum PTK adalah 74,35 dengan ketuntasan klasikal 61,09% dan setelah dilakukan PTK nilai rata-rata siswa pada Siklus I naik sebesar 76,75 dengan ketuntasan klasikal 70,97% dan pada siklus II Nilai rata-rata siswa naik menjadi 80,16 dengan ketuntasan klasikal 87,10%. Penilaian Afektif sebelum PTK nilai rata-rata sebesar 66,96 dan setelah PTK pada siklus I nilai rata-rata sebesar 72,06 dan Pada Siklus II sebesar 80,39. Dan untuk nilai rata-rata pada tes praktek siswa sebelum PTK adalah 74,03 dengan ketuntasan klasikal 64,52%, dan setelah dilaksanakannya penelitian tindakan kelas nilai rata-rata siswa pada siklus I terdapat peningkatan menjadi 76,61 dengan ketuntasan klasikal 74,19% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 82,25 dengan ketuntasan klasikal 87,10%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Audiovisual, Hasil Belajar, Tari rentak Bulian
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 16 Dec 2021 04:34
Last Modified: 16 Dec 2021 04:34
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item