Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Serampang Dua Belas) Metode Repetitive di kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Tahun Ajaran 2017/2018

Oktiana, Nauli (2018) Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Serampang Dua Belas) Metode Repetitive di kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir Tahun Ajaran 2017/2018. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

Metode Repetitive adalah suatu tekni atau cara mengajar dimana siswa melaksanakan latihan berulang agar siswa memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih baik dari apa yang telah dipelajari. Jenis penelitian ini, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kuantan Hilir memlalui penerapan mtode Repetitive (latihan penggulangan). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 08 februari 2018 sampai maret 2018 (6 kali pertemuan). Subjek penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir yang berjumlah 21 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui perencanaan, uji coba, dan pelaksanaan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung menggunakan lembar pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode repetitive pada pembelajaran tari Serampang Dua Belas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir tahun ajaran 2017/2018. Penilaian kemampuan individu siswa tahap uji coba tes awal jumlah rata-rata 72,27 dengan ketuntasan klasikal 38,10%. Penilaian kemampuan siklus I dengan rata-rata 73,43 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Penilaian kemampuan siklus II dengan rata-rata 83,31 dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kategor sangat baik. Sehingga dapat dilihat nilai tertinggi meningkat pada siklus II, dan dapat disimpulkan bahwa metode repetitive pada pembelajaran tari Serampang Dua Belas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kuantan Hilir.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Repetitive (Metode Latihan Penggulangan), Hasil Belajar.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: > Pendidikan Sendratasik
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 09 Dec 2021 03:33
Last Modified: 09 Dec 2021 03:33
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item