Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Eksponen dan Logaritma Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Pranasari, Putri Andes (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013 dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Eksponen dan Logaritma Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) Kurikulum 2013 yang valid dan praktis sehingga dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2017 hingga 1 maret 2017, adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang peserta didik yaitu 8 siswa dan 32 siswi.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Model Pengembangan 4-D yang dimodifikasi oleh peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validitas yang divalidasi oleh 3 orang validator, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar respon guru dan lembar respon siswa yang diisi oleh guru dan peserta didik.Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil validasi RPP sebesar 77,96 % dengan kriteria valid dan hasil validasi LAS 82,65 % dengan kriteria valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 96,43 % dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru dan hasil kepraktisan LAS sebesar 84,19 % dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi eksponen dan logaritma kelas X SMK yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Problem Based Learning (PBL), Eksponen dan Logaritma.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Mia
Date Deposited: 07 Dec 2021 08:07
Last Modified: 07 Dec 2021 08:07
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4836

Actions (login required)

View Item View Item