Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Rakyat Melayu Riau di Sekolah Dasar

Safitri, Yuli (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Rakyat Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (192kB) | Preview

Abstract

Permainan merupakan bagian yang sangat dekat dan tidak terpisahkan dari kehidupan anak. Oleh karena itu, permainan dapat menjadi media dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti mengkaitkan permainan Statak, Galah panjang dan Guli ke dalam matematika. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Permainan Tradisional Melayu Riau di Sekolah Dasar SDN 19 Mandau yang teruji kelayakannya. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan modifikasi Plomp sehingga menjadi beberapa fase yaitu: (1) investigasi awal; (2) desain; (3) konstruksi; (4) tes, evaluasi dan revisi. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas IV SDN 019 Mandau dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi RPP dan LAS, serta angket kepraktisan RPP (respon guru), angket kepraktisan LAS (respon siswa), dan angket kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji validitas RPP sebesar 76,27% dengan kriteria cukup valid dan LAS sebesar 73,38% dengan kriteria cukup valid. Hasil uji kepraktisan RPP sebesar 83,33% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket RPP (respon guru), sedangkan kepraktisan LAS sebesar 88,03% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket LAS (respon siswa), dan angket kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85,71% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket pengamat keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis permainan rakyat melayu Riau dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di Sekolah Dasar yang teruji kelayakannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Permainan Melayu Riau.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 08:25
Last Modified: 06 Dec 2021 08:25
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item