Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Tualang

Oktarina, Vivi (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Tualang. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Tualang tahun ajaran 2017/2018 melalui Penerapan Model Pemnbelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Tualang yang berjumlah 35 orang siswa dengan 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 06 November 2017 sampai dengan 28 November 2017. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dari tes hasil belajar dan lembar pengamatan yang dilaksanakan untuk melihat proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I meningkat dibandingkan skor dasar, begitu juga dengan rata-rata hasil belajar pada siklus II yang meningkat dibandingkan siklus I. Rata-rata nilai siswa pada skor dasar 56.71, siklus I 60.94, dan siklus II 81.74. Jumlah siswa yang mencapai KKM 75 pada skor dasar sebanyak 5 siswa, siklus I sebanyak 7 siswa dan siklus II sebanyak 18 siswa atau dalam bentuk persentase 14.29%, 20.00%, dan 51.43%. Hasil lembar pengamatan yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung pada setiap pertemuan yaitu pertemuan 1 sampai 8, terlihat aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan setiap siklusnya. Proses pembelajaran pada siklus II lebih baik dari siklus I.Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Tualang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:44
Last Modified: 06 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4785

Actions (login required)

View Item View Item