Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Melayu Riau di Sekolah Dasar

Dasira, Tengku Sofia (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Budaya Melayu Riau di Sekolah Dasar. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Dengan mengaitkan budaya Melayu Riau berupa tenun dalam pembelajaran matematika sehingga bisa membuat peserta didik mengetahui budaya Melayu Riau (tenun) dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Pedekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis budaya Melayu Riau yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan modifikasi dari Sugiyono yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan angket keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari ahli dan data angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD N 15 Bukit Batu dengan jumlah siswa 17 orang. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 79,76% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 76,13% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 87,5% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru, sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 87,61 dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) berbasis budaya Melayu Riau di Sekolah Dasar teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan matematika realistik (PMR), budaya Melayu Riau
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:43
Last Modified: 06 Dec 2021 01:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4777

Actions (login required)

View Item View Item