Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP/MTs

Milawati, Tati (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII SMP/MTs. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yakni berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang teruji kevalidan dan kepraktisannya sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan Model pengembangan yang digunakan berupa model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (desseminate). Tahap penyebaran (desseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Uji coba produk ini dilaksanakan mulai tanggal 19 Maret 2018 hingga 03 April 2018, terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Tembilahan dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrumen pengumpul data meliputi lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif, teknik analisis validitas, teknik analisis angket respon guru, teknik analisis angket respon siswa dan teknik analisis keterlaksanaan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 82,57% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 80,27% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 85,71% dengan kriteria cukup praktis yang diperoleh dari angket respon guru. Sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 83,20% dengan kriteria cukup praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP/MTs teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME), RPP, dan LAS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 06 Dec 2021 01:43
Last Modified: 06 Dec 2021 01:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item