Nurmailisa, Rita (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMPN 2 Reteh. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (756kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (418kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi bentuk aljabar yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 4 April sampai dengan 11 April 2018 terhadap siswa kelas VII SMPN 2 Reteh tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 21 siswa. Perangkat pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan Model pengembangan yang digunakan berupa model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Pendefenisian (define), Perencanaan (design), Pengembangan (develop), dan Penyebaran (desseminate). Tahap Penyebaran (desseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari ahli dan data angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas VII SMPN 2 Reteh dengan jumlah siswa 21 orang. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 83,33% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 83,83% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 92,85% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru, sedangkan hasil kepraktisan LAS sebesar 93,15% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMPN 2 Reteh teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME), RPP, dan LAS |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:24 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:24 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4755 |
Actions (login required)
View Item |