Pengembangan Instrumen Tes Soal Ulangan Harian untuk Mengukur Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII MTs Masmur Pekanbaru

Putri, Riska Dilla (2018) Pengembangan Instrumen Tes Soal Ulangan Harian untuk Mengukur Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII MTs Masmur Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan instrumen tes soal ulangan harian untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi bangun datar segi empat pada mata pelajaran matematika yang valid dan memiliki kualitas butir tes yang baik. Instrumen tes soal hasil belajar ulangan harian yang dikembangkan adalah 5 soal esai berstruktur berupa kisi-kisi soal, soal-soal dan alternatif jawaban serta penskoran berdasarkan Kurikulum 2013. Pengembangan instrumen tes soal hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan modifikasi dari metode R&D (Research and Development). Uji coba produk ini dilaksanakan dikelas VII2 dan VII3 MTs Masmur Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 50 orang. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah lembar validasi instrumen tes soal hasil belajar dan lembar jawaban siswa. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan instrumen tes soal hasil belajar sebesar 82,5% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Hasil dari analisis lembar jawaban siswa yaitu menganalisis kualitas butir soal. Dari hasil analisis butir soal, diketahui bahwa 2 soal tidak dapat digunakan kembali, 2 soal dipertimbangkan untuk digunakan kembali, dan 1 soal bisa digunakan kembali. 2 soal yang tidak digunakan lagi diganti dengan soal yang baru, sehingga didapatkan suatu instrumen akhir yang bisa untuk digunakan pada tes soal hasil belajar ualangan harian berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan instrumen tes soal ulangan harian untuk mengukur hasil belajar matematika pada materi bangun datar segi empat kelas VII MTs Masmur Pekanbaru teruji kevalidannya dan kualitas butir soalnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan instrumen tes soal, esai berstruktur
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:24
Last Modified: 03 Dec 2021 02:24
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item