Penerapan Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru

Putri, Rani Pansila (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif. Penelitian ini dilakukan semester genap tahun 2017/2018. Penelitian berlangsung pada 5 Februari 2018 sampai dengan 28 Februari 2018. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru sebanyak 39 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung mengenai aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik tes dilakukan melalui ulangan harian I dan ulangan harian II. Hasil pengamatan kemudian dianalisis secara kualitatif, sedangkan hasil tes belajar dianalisis secara kuantitatif dengan analisis ketercapaian KKM setiap indikator, dan analisis rata-rata hasil belajar dengan membandingkan skor sebelum tindakan dengan sesudah tindakan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru. Peningkatan proses pembelajaran dapat terlihat dari lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Untuk hasil belajar terlihat dari jumlah siswa yang tuntas pada skor dasar yaitu 16 orang siswa (41,03%) meningkat pada ulangan harian I menjadi 20 orang siswa (51,28%), kemudian pada ulangan harian II meningkat menjadi 26 orang siswa (66,67%). Begitu juga rata-rata hasil belajar siswa pada skor dasar adalah 74,92 pada ulangan harian I adalah 77,82 dan pada ulangan harian II menjadi 82,97. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 10 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, dan Hasil Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:23
Last Modified: 03 Dec 2021 02:23
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4751

Actions (login required)

View Item View Item