Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Andalusia SMP Swasta Juara Pekanbaru

Delima, Oksy Tri (2018) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Andalusia SMP Swasta Juara Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika melalui Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam pembelajaran matematika kelas VIII Andalusia SMP Swata Juara Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018, dengan subjek 22 orang siswa yang seluruhnya adalah perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrument pengumpulan data berupa lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta angket motivasi belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data melalui lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa serta analisis lembar angket motivasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika sebelum tindakan, sesudah siklus I, sesudah siklus II dan sesudah siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keseluruhan angket motivasi belajar sebelum tindakan ialah 65% dengan kriteria cukup, setelah siklus I penerapan PMR dan pemberian motivasi belajar persentase meningkat menjadi 69% masih dalam kriteria cukup, setelah siklus II persentase hasil angket ,otivasi belajar meningkat menjadi 72% dengan kriteria kuat., setelah siklus III dilaksanakan persentase angket motivasi belajar menjadi 76% masih dalam kriteria kuat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII Andalusia SMP Swasta Juara Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Motivasi Belajar Matematika siswa.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:21
Last Modified: 03 Dec 2021 02:21
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item