Nurhayati, Nurhayati (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel di Kelas VII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yakni berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) yang teruji kevalidan dan kepraktisannya sehingga dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajran ini dirancang dengan menggunakan model pengembangan yang digunakan berupa model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu: (1) Tahap pendefinisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (design), (3) Tahap Pengembangan (develop), dan (4) penyebaran (disseminate). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Uji coba produk ini dilaksanakan mulai tanggal 04 April hingga 09 April 2018, terhadap siswa kelas VII SMPN 3 Kempas dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, dengan menggunakan perangakat pembelajaran matematika berupa RPP dan LAS dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LAS, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan. Dari hasil penelitian diperoleh tinjauan kevalidan RPP sebesar 88,88% dengan kriteria sangat valid dan nilai kevalidan LAS sebesar 83,03% dengan kriteria cukup valid. Tinjauan kepraktisan RPP sebesar 89,28% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon guru. Sedangkan tinjauan kepraktisan LAS sebesar 88,83% dengan kriteria sangat praktis yang diperoleh dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel kelas VII SMP yang teruji kelayakannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran, Realistic Mathematic Education (RME), RPP, dan LAS. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 02:19 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 02:19 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4743 |
Actions (login required)
View Item |