Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII 2 SMPN 34 Pekanbaru

Anggraini, Novita (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VIII 2 SMPN 34 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 34 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Kubus dan Balok melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Pekanbaru yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama belajar dan kuantitatif diperoleh dari hasil ulangan harian (UH) siswa. Berdasarkan analisis ketercapaian KKM, menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada siklus I 57,5% (23 siswa) dengan rarta-rata 76,55 dan pada siklus II 75% (30 siswa) dengan rata-rata 83,77 yang mana pada skor dasar hanya 45% (18 siswa) dengan rata-rata 71,97. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: odel Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar Matematika, PTK
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:28
Last Modified: 02 Dec 2021 08:28
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item