Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih

Triapertiwi, Mita (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tanah Putih tahun ajaran 2017/2018 pada materi Teorema Pythagoras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol, sampel ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan teknik tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis keterlaksanaan, analisis statistik deskriptif, dan analisis inferensial. Analisis keterlaksanaan model Anchored Instruction terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari lembar pengamatan aktivitas guru, menunjukkan persentase rata-rata 85,75% dengan klasifikasi baik. Untuk analisis statistik deskriptif berdasarkan perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan varians , dimana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70,11 dan kelas kontrol 60,93. Sedangkan analisis inferensial yang menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan t’hitung = 1,80 < t’tabel = 2,05 untuk taraf signifikansi 5%, ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Anchored Instruction, Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 08:24
Last Modified: 02 Dec 2021 08:24
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4733

Actions (login required)

View Item View Item