Triapertiwi, Mita (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Anchored Instruction terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Anchored Instruction terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tanah Putih tahun ajaran 2017/2018 pada materi Teorema Pythagoras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol, sampel ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian dilakukan teknik tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis keterlaksanaan, analisis statistik deskriptif, dan analisis inferensial. Analisis keterlaksanaan model Anchored Instruction terhadap hasil belajar siswa diperoleh dari lembar pengamatan aktivitas guru, menunjukkan persentase rata-rata 85,75% dengan klasifikasi baik. Untuk analisis statistik deskriptif berdasarkan perhitungan rata-rata, standar deviasi, dan varians , dimana nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 70,11 dan kelas kontrol 60,93. Sedangkan analisis inferensial yang menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan t’hitung = 1,80 < t’tabel = 2,05 untuk taraf signifikansi 5%, ini berarti H0 diterima dan H1 ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Anchored Instruction terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Anchored Instruction, Hasil Belajar Matematika Siswa |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 08:24 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 08:24 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4733 |
Actions (login required)
View Item |