Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Tambang

Nurrahmi, Iin (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe College Ball terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 3 Tambang. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe College Ball terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Tambang Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (sampling pertimbangan). Pengambilan data berlangsung dari tanggal 6 November 2017 sampai dengan tanggal 20 November 2017. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Tes hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan dianalisis dengan menggunakan analisis inferensial yaitu analisis perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini data sudah diasumsikan normal, oleh karena itu analisis inferensial yang dilakukan hanya uji homogenitas dan uji-t. Uji-t dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe College Ball. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perhitungan pada aspek pengetahuan thitung lebih dari ttabel yakni 2,323 lebih dari 2,00 dan pada aspek keterampilan thitung lebih dari ttabel yakni 2,664 lebih dari 2,00, maka H0 ditolak dan H1diterima. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe College Ball terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 3 Tambang tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: College Ball, hasil belajar matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:18
Last Modified: 03 Dec 2021 02:18
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4715

Actions (login required)

View Item View Item