Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-3 MTsN 1 Pekanbaru

Putri, Ika Okta (2018) Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-3 MTsN 1 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 MTsN 1 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpul data pada penelitian ini yaitu teknik non tes dan teknik tes hasil belajar. Teknik non tes dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan teknik tes dilakukan melalui ulangan harian I dan ulangan harian II. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran dan hasil belajar matematika. Peningkatan proses pembelajran dapat dilihat dari lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Misalnya guru sudah melakukan apersepsi dalam proses pembelajaran, guru sudah menyampaikan materi dengan baik, dan siswa sudah mulai aktif bertanya saat proses pembelajrran mengajar. Adapun ketuntasan hasil belajar siswa yaitu membandingkan skor dasar dengan UH I dan UH II, dari skor dasar 42% dengan jumlah siswa yang tuntas 15 orang meningkat pada ulangan harian I menjadi 57% dengan jumlah siswa yang tuntas 20 orang, kemudian meningkat pada UH II menjadi 80% dengan jumlah siswa yang tuntas 28 orang. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-3 MTsN 1 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:48
Last Modified: 02 Dec 2021 07:48
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item