Sandra, Githa Septiany (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII.Fatimah MTs AlMunawwarah Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (320kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII.Fatimah MTs AlMunawwarah Pekanbaru yang berjumlah 28 orang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar pengamatan dan teknik tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik pengamatan dilakukan dengan lembar pengamatan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan teknik tes kemampuan pemahaman matematis dilakukan melalui ulangan harian atau Tes Kemampuan Pemahaman Matematis (TKPM) setiap siklus yang dianalisis secara kuantitatif dengan analisis skor rata-rata kemampuan pemahaman matematis tiap indikator dan analisis rata-rata kemampuan pemahaman matematis dengan membandingkan skor sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII.Fatimah MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Hal ini terlihat dari rata-rata skor kemampuan pemahaman matematis siswa yang mengalami peningkatan yaitu sebanyak (0,95) pada skor dasar meningkat menjadi (1,85) pada TKPM I kemudian menjadi (2,66) pada TKPM II. Proses pembelajaran menunjukkan adanya perbaikan,siswa semakin antusias dalam mengkuti pembelajaran,tetapi permasalahan yang terjadi adalah waktu yang selalu kurang dalam proses pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa VII.Fatimah MTs Al-Munawwarah Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry), Kemampuan Pemahaman Matematis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:47 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:47 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4712 |
Actions (login required)
View Item |