Sari, Fany Novita (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Salo. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (529kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri di kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Salo melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Salo tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, pedoman penskoran Kemampuan Berpikir Kritis Matematis (KBKM), tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik pengamatan dan teknik tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data hasil pengamatan dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Salo. Hal ini dapat dilihat dari persentase kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebelum tindakan dan setelah tindakan yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 60,93% berada pada kriteria kurang kritis. Setelah diberi tindakan, meningkat menjadi 73,82% dengan kriteria cukup kritis pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 85,35% pada akhir siklus II yang mencapai kriteria kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 1 Salo tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis Matematis. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:46 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:46 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4709 |
Actions (login required)
View Item |