Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru

Anggraini, Erna (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (767kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (481kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Metode penelitian yang di kembangkan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat pembelajaran (RPP dan LAS) 4D yang di modifikasi, sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (design), (3) Tahap Pengembangan (develop). Uji coba produk ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2018 di kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah instrumen validitas dan praktikalitas. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh guru pada angket respon guru, dan siswa pada angket respon siswa untuk melihat kepraktisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 79,17% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil validasi LAS sebesar 77,45% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Kepraktisan RPP sebesar 85,71% dengan kriteria sangat praktis diperoleh dari angket respon guru, hasil kepraktisan LAS sebesar 85,12% diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,50% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), RPP, dan LAS.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:43
Last Modified: 02 Dec 2021 07:43
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4706

Actions (login required)

View Item View Item