Anggraini, Erna (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (766kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (767kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (481kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Metode penelitian yang di kembangkan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan perangkat pembelajaran (RPP dan LAS) 4D yang di modifikasi, sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) Tahap pendefinisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (design), (3) Tahap Pengembangan (develop). Uji coba produk ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2018 di kelas X SMK Yabri Terpadu Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian ini adalah instrumen validitas dan praktikalitas. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang mendeskripsikan validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Praktikalitas perangkat pembelajaran yang diisi oleh guru pada angket respon guru, dan siswa pada angket respon siswa untuk melihat kepraktisan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) serta angket keterlaksanaan pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh hasil validasi RPP sebesar 79,17% dengan kriteria kevalidan cukup valid dan hasil validasi LAS sebesar 77,45% dengan kriteria kevalidan cukup valid. Kepraktisan RPP sebesar 85,71% dengan kriteria sangat praktis diperoleh dari angket respon guru, hasil kepraktisan LAS sebesar 85,12% diperoleh dari angket respon siswa dengan kriteria sangat praktis, serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 87,50% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X SMK yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), RPP, dan LAS. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:43 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:43 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4706 |
Actions (login required)
View Item |