Indriwani, Elmiwarti (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Koto Gasib Kabupaten Siak. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (397kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (411kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (574kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Matematika kelas VII SMPN 1 Koto Gasib Kabupaten Siak tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran kartu arisan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2018 sampai dengan 14 Mei 2018. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan yaitu 3 kali pertemuan untuk proses pembelajaran dan 1 kali pertemuan untuk ulangan harian. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMPN 1 Koto Gasib yang berjumlah 28 orang siswa, dengan 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes hasil belajar siswa. Observasi dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa dan guru setiap pertemuan dalam melaksanakan model pembelajaran kartu arisan. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa ulangan harian yang berbentuk essai (uraian) yang dilaksanakan di akhir siklus I dan akhir siklus II. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 75,00, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata yaitu 80,92. Persentase klasikal pun meningkat dari 46,43% pada siklus I meningkat menjadi 60,71% pada siklus II. Jadi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,28%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa “Penerapan Model Pembelajaran Kartu Arisan” dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Koto Gasib Kabupaten Siak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu Arisan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 07:42 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 07:42 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4704 |
Actions (login required)
View Item |