Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif

Natasia, Diana (2018) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Visual Thinking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian non equivalent control group design menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan mulai tanggal 3 Maret 2018 sampai 31 Maret 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu tahun pelajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol dan VII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes gaya kognitif GEFT (Group Embredded Figure Test), tes kemampuan berpikir kritis matematis, lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran, serta perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pengolahan data ini menggunakan bantuan IBM SPSS Statistic 24 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu; (2)Tidak terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif Field Independent; (3)Terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif Field dependent. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran pembelajaran Visual Thinking terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siak Hulu ditinjau berdasarkan gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan pembelajaran Visual Thinking, gaya kognitif Field Independent, gaya kognitif Field dependent, Kemampuan berpikir kritis matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: > Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 02 Dec 2021 07:40
Last Modified: 02 Dec 2021 07:40
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item