Pernada, Annisa (2018) Pengembangan Soal Matematika Berbasis Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Hasil Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) pada tahun 2015 Indonesia mendapat pringkat 45 dari 50 negara dengan poin 397. Salah satu faktornya siswa masih belum terbiasa dalam mengerjakan soal-soal serupa TIMSS. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di SMP N 4 Pekanbaru masalah yang dihadapi oleh guru adalah kurang tersedianya soal-soal yang didesain khusus untuk menuntut siswa mengembangkan potensi matematis siswa serupa soal-soal TIMSS. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan soal matematika berbasis Trends In International Mathematics And Science Study (TIMSS) matematika siswa kelas VIII SMP. Pengembangan soal matematika berbasis TIMSS ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan modifikasi Sugiyono, yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji produk terbatas, (7) revisi produk, (8) produk akhir. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi dan instrumen tes. Produk penelitian ini adalah seprangkat soal matematika berbasis TIMSS yang berbentuk tes uraian dengan 8 butir soal. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan hasil pengembangan soal matematika berbasis TIMSS 3 soal (37,5%) memiliki kevalidan “tinggi”, 3 soal (37,5%) kategori “cukup”, 2 soal (25%) kategori “rendah”. Untuk reliabilitas “sedang” sebesar 0,62 dan praktikalitas “sangat praktis” sebesar 0,92.. Hasil analisis butir soal (a) tingkat kesukaran 3 soal (37,5%) kategori “mudah”, 2 soal (25%) kategori “sedang” dan 3 soal (37,5%) kategori “sukar”, (b) daya pembeda 1 soal (12,5%) kategori daya pembeda “baik”, 3 soal (37,5%) daya pembeda “cukup” dan 4 soal (50%) daya pembeda “jelek”. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa produk ini dapat digunakan sebagai bank soal latihan guru pada pembelajaran matematika materi aljabar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, TIMSS, Validasi, Reliabilitas, Praktikalitas, Tingkat Kesukaran,Daya Pembeda. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | > Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 02:01 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 02:01 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4693 |
Actions (login required)
View Item |