Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas X Mia-I Di Sma Negeri 1 Singingi

Aprianingsih, Witri (2018) Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Di Kelas X Mia-I Di Sma Negeri 1 Singingi. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa kelas X MIA-I SMA Negeri 1 Singingi. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya persentase ketuntasan belajar siswa yang hanya sebesar 17% (5 siswa) dengan KKM 70. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis, mendeskripsikan dan mengetahui peningkatan hasil belajar Ekonomi siswa melalui penerapan pendekatan saintifik dengan model inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor siswa dilakukan dengan lembar observasi, sedangkan hasil belajar kognitif siswa dilakukan dengan tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan saintifik dengan model inkuiri dapat meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar Ekonomi siswa kelas X MIA-I SMA Negeri 1 Singingi. Kinerja guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, hingga mencapai 88,89% pada siklus III. Aktifitas siswa juga mengalami peningkatan presentase mencapai 83,59% pada siklus III. Dan Ketuntasan tes hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan setiap siklusnya sehingga mencapai rata-rata ketuntasan 88,89% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Inkuiri dan Pendekatan Saintifik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Furqan nafis al-azami
Date Deposited: 30 Nov 2021 02:00
Last Modified: 30 Nov 2021 02:00
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4670

Actions (login required)

View Item View Item