Sartika, Sartika (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS4 SMA Negeri 2 Bangkinang Kota. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (157kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IIS 4 SMAN 2 Bangkinang kota. Guru menggunakan metode pembelajaran tang kurang brvariasi dan menoton sehingga membuat siswa merasa bosan dan sulit untuk menerima pelajaran. Oleh karena itu guru berupaya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk membuat siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe cooperation integrated reading and composition (CIRC). Metode ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Bangkinang Kota tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 32 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dilaksanakan pada tanggal 2 April sampai dengan 26 April 2018. Teknik pengumpulan dataantara lain teknik tes hasil belajar, dan teknik pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelititan membuktikan bahwa dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe cooperation integrated reading andcomposition(CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi. Hal ini didasarkan pada tes hasil belajar dan pengamatan. Persentase rata-rata ulangan harian sebelum dilakukan tindakan sebesar 37,50% setelah dilakukan tindakan mengalami peningkatan rata-rata ulangan harian I siklus I sebesar 71,88% dan pada ulangan harian II siklus II meningkat menjadi 100% . dari analisis hasil belajar siswa yang terus meningkat dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan tipecooperation integrated reading and composition(CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Bangkinang Kota.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe CIRC |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Furqan nafis al-azami |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 01:57 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 01:57 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4650 |
Actions (login required)
View Item |