Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Melalui Kesiapan Mental Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru

Sitompul, Rani Puji Rahayu (2018) Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Melalui Kesiapan Mental Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar melalui kesiapan mental siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif eksplanasi. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 6 Pekanbaru pada bulan februari 2018. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 136 orang siswa. Adapun teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Sedangkan untuk pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket. Analisis hipotesis yang digunakan adalah uji path analysis atau analisis jalur dan uji sobel dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan terhadap data penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara langsung minat terhadap hasil belajar sebesar 0,285 dengan p-value nya sebesar 0,001 ≤ dari 0,05, terdapat pengaruh kesiapan mental terhadap hasil belajar sebesar 0,288 dengan pvalue sebesar 0,001≤ dari 0,05, terdapat pengaruh signifikan minat terhadap kesiapan mental sebesar 0,472 dengan p-value 0,000 ≤ dari 0,05, bahwa terdapat pengaruh signifikan secara tidak langsung minat terhadap hasil belajar melalui kesiapan mental yaitu sebesar 14,77% dengan p-value(Z sig(two)) nya sebesar 0,0463 ≤ dari 0,05. Dengan demikian diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah lagi variabel seperti motivari, cara belajar dan kesiapan belajar, kemudian dianjurkan untuk memperbanyak jumlah sampel sehingga ini akan terus berkembang dalam pembuatan karya ilmiah selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat, Kesiapan Mental, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: > Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Depositing User: Reza Zulkurniawan
Date Deposited: 29 Nov 2021 01:21
Last Modified: 29 Nov 2021 01:21
URI: http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4634

Actions (login required)

View Item View Item