Nugroho, Boy Setio (2018) Penerapan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPA 2 di SMA YLPI Pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau.
|
Text
abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
kata_pengantar.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
daftar_isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (590kB) | Preview |
|
Text
bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text
bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) | Request a copy |
||
|
Text
daftar_pustaka.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari hasil wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran Ekonomi mengenai pemecahan masalah siswa kelas X IPA 2 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru diperoleh informasi bahwa hasil belajar Ekonomi di sekolah tersebut masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes hasil belajar yang telah dilakukan terhadap siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 Orang siswa, hanya 16 orang siswa atau 48,48% yang mencapai ketuntasan. Dan yang belum mencapai ketuntasan berjumlah 17 orang siswa atau 51,52%. Maka, penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan Pemecahan Masalah siswa kelas X IPA 2 di SMA YLPI Pekanbaru melalui penerapan metode Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – April, subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IPA 2 di SMA YLPI Pekanbaru yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan. Pengumpulan data yang diambil terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, sedangkan siklus II terdiri dari perencanaan ulang, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data ini diambil dari nilai ulangan siswa untuk melihat peningkatan pemecahan masalah siswa, jumlah siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada ulangan harian I dan ulangan harian II dari skor dasar. Dari hasil rata-rata pada ulangan harian I adalah 70,30%, dan ulangan harian II menjadi 75%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Problem Solving dapat Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa kelas X IPA 2 pada mata pelajaran Ekonomi di SMA YLPI Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | > Pendidikan Ekonomi Akuntansi |
Depositing User: | Reza Zulkurniawan |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 09:03 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 09:03 |
URI: | http://repository.uir.ac.id/id/eprint/4603 |
Actions (login required)
View Item |